MENU

April 2, 2018 Comments Off on Bersepeda Untuk Pemula Views: 1829 Base Camp, Education, Expedition, Green Life, Inspiration, Responsibility

Bersepeda Untuk Pemula

WhatsApp Image 2018-04-02 at 9.22.19 AM

Karena dalam bersepeda yang baik dan benar hanya ada kesenangan dan kesehatan…maka, janganlah ragu memulai bersepeda. Baik itu jarak jauh, weekend warrior, ataupun ber-bike to work. Berikut tips dari dr. Aristi mengenai bersepeda untuk pemula.

  1. Aman dan nyaman

Gunakan helm untuk pelindung kepala. Belajarlah menggunakan helm yang benar agar perlindungannya maksimal dan bukan malah membuat cidera. Selain helm, sebaiknya gunakan kacamata sport untuk melindungi mata dari sinar matahari langsung, debu, dan partikel lain selagi kita mengayuh. Pilihlah pakaian yang nyaman sesuai kebutuhan.

  1. Energi dan Cairan

Biasakanlah sarapan sekitar 1-2 jam sebelum mulai mengayuh agar kerja organ cerna tidak terganggu dan energi dari makanan sudah siap dipakai. Pilih makanan yang tidak membuat terlalu kenyang dan berat agar kita tetap nyaman. Juga bekali diri dengan snack yang mengandung energi, seperti buah pisang, fit bar, dan lainnya.

  1. Tak perlu mahal, tapi nyaman, aman dan kuat.

Sangat penting memperhatikan kenyamanan dalam mengayuh sepeda. Maka, yang terpenting pilihlah sepeda sesuai ukuran tubuh, bukan memilih merk sepeda atau harga yg mahal. Ukuran yang terlalu besar atau kecil dapat mengakibatkan cedera jangka panjang pada daerah leher, tangan, bahu, punggung dan kaki, bahkan kadang terjadi tanpa disadari.

  1. Rasakan

Sebelum naik ke atas sepeda, biasakanlah melakukan stretching/pemanasan basic dengan benar agar otot-otot tubuh kita tidak kaget. Belajarlah merasakan alarm tubuh saat mengayuh, terutama untuk jarak yang jauh. Jika merasa pegal, jangan ragu untuk istirahat atau sedikit menggeser posisi duduk, melemaskan tangan satu persatu.

  1. Rajinlah

Jangan malas mempelajari penggunaan shifter. Pelajari dan rasakan, di saat kapan harus menggunakan gear sedang, berat, atau ringan. Biasakan mengayuh dengan kecepatan yg membuat kita masih merasa enak dan tidak ‘ngoyo’. Belajarlah mengenal mekanisme dan bagian2 dari sepedamu agar kita mengerti kegunaannya serta efek mekanis sepeda terhadap tubuh kita.

  1. Fokuslah

Jangan bersepeda menggunakan earphone! Apalagi mendengarkan musik hingga tak bisa mendengar suara dari sekitar kita. Fokuslah pada keadaan di jalan saat mengayuh, agar kita juga dapat menikmati kayuhan dengan baik. Kayuh sepeda dengan rasa yang ringan, bebas, dan jangan lupa hiasi wajah dengan senyum, sebab bersepeda itu menyenangkan!

 

Sumber: dr. Aristi

Photo by: @polygonbikesid x @eigeradventure

 

#EigerAdventure #EigerTropicalAdventure #EigerTips #EigerInfo #Gowes #Cycling #EigerLifestyle #Eiger1989 #EigerAuthentic #EnjoyLifeWithoutARoof #YourTropicalDiscovery

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Tags:

Comments are closed.