MENU

January 17, 2017 Comments Off on Black Borneo Expedition Views: 411 Education, Expedition, Inspiration

Black Borneo Expedition

bb

Tahukah Eigerian, kawasan hutan hujan tropis Kalimantan juga dikenal sebagai hutan hujan tropis dunia setelah Amazon di Amerika Selatan. Salah satu hutan hujan tropis ini telah berhasil diteliti oleh tim EIGER Black Borneo Expedition 2016 lalu di kawasan Gunung Beriun. Nama Gunung Beriun mungkin belum sepopuler gunung lainnya di pelosok nusantara. Bahkan, tim ekspedisi tidak memiliki informasi lengkap dan akurat mengenai gambaran medan yang akan ditempuh. Mamay S Salim sebagai ketua ekspedisi menjelaskan bahwa sesuai dengan namanya, yakni Black Borneo Expedition, selain medan yang dijelajahi berupa hutan Kalimantan yang masih gelap dan belum terjamah orang, informasi mengenai Gunung Beriun pun tak kalah gelap.

Peta kontur Bumi yang dikeluarkan Badan Informasi Geospasial kurang mendukung, karena setelah dicocokkan pada saat ekspedisi, peta tersebut mempunyai banyak ketidakcocokkan dengan fakta di lapangan. Selain itu, peta Google Earth pun tidak bisa dijadikan acuan, misal pada peta menunjukkan letak posisi Gunung Beriun, tetapi pada kenyataannya posisi tersebut malah meleset jauh berada di punggungan hutan.

Akhirnya, selama proses pembukaan jalur mencari titik tertinggi puncak Beriun Raya, tim Black Borneo Expedition menggunakan metode pengamatan langsung dan hanya mengandalkan Global Position System (GPS) digital saja.

Photo by: Yunaidi Joepoet / National Geographic Indonesia untuk EIGER Black Borneo Expedition
Source: Media Indonesia (disesuaikan)

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Tags: , ,

Comments are closed.