MENU

August 15, 2017 Comments Off on Cara mencegah Hipotermia Views: 126 Base Camp, Education, Expedition, Green Life, Inspiration, Responsibility

Cara mencegah Hipotermia

hipotermia

Hipotermia adalah suatu kondisi abnormal pada mekanisme pengaturan temperatur tubuh yang menyebabkan suhu dalam tubuh sangat rendah. Kondisi seperti ini dapat terjadi saat tubuh kehilangan panas lebih cepat daripada produksinya. Berikut adalah beberapa tips dari Abex tentang bagaimana cara mencegah Hipotermia saat melakukan kegiatan di luar ruang, salah satunya seperti hiking:

1. Bawalah perlengkapan sesuai safety procedure, terutama pakaian seperti polar, windbreaker, waterproof jacket, raincoat, T-Shirt, dan celana ganti yang quick dry, kupluk, sepatu, kaos kaki, dan juga sarung tangan.
2. Saat kamu merasa kedinginan, segera tutupi bagian tubuh yang mudah menyerap dingin, seperti telinga, jari tangan dan kaki, dan pusar.
3. Segera ganti baju yang basah terkena keringat atau air hujan. Jangan menunda hal ini, karena memakai pakaian yang basah akan membuat suhu tubuhmu menurun drastis.
4. Jika situasi mulai hujan atau gerimis, segera pakai raincoat atau waterproof jacket.
5. Hindari main air di gunung, apalagi berendam di air dingin.
6. Jangan menggunakan celana jeans. Pakaian berbahan jeans akan susah kering jika terkena air hujan atau keringat. Basah pada jeans akan mudah diserap tubuh dan membuat tubuhmu cepat merasa kedinginan.
7. Saat tidur, kenakanlah pakaian yang hangat, seperti polar atau thermal, sleeping bag, dan alas dengan matras.
8. Saat break di jalan, usahakan jangan sampai tertidur. Karena, saat tidur suhu tubuh bisa turun dengan cepat. Untuk itu, gunakan waktu break kamu dengan minum air hangat dan tetap melakukan gerakan-gerakan kecil agar panas tubuhmu terjaga.
9. Minum minuman yang manis dan jangan sampai lupa makan. Tubuh butuh asupan kalori, maka makanlah makanan yang berkalori agar menghasilkan energi baru yang bisa menghasilkan panas tubuh.
10. Patuhi aturan alam dan aturan keselamatan dalam mendaki gunung maka perjalanan kamu akan menjadi aman dan nyaman.

Semoga perjalanan petualangan kamu lancar dan aman ya, Eigerian! Selamat mencoba!
*Sumber: @anak_bebek

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Tags:

Comments are closed.