MENU

March 16, 2018 Comments Off on Etika Dalam Mendaki Gunung Views: 2568 Base Camp, Education, Expedition, Green Life, Inspiration, Responsibility

Etika Dalam Mendaki Gunung

_MG_7917

Sebagai seorang pendaki gunung dan penikmat alam, sebaiknya kita memiliki etika yang harus dijunjung tinggi. Berikut adalah beberapa etika yang harus diterapkan oleh seorang pendaki yang baik agar kegiatan pendakian berjalan dengan aman dan nyaman.

1. Hormat dan sopan terhadap pendaki lain

Dalam peraturan tak tertulis, biasanya para pendaki saling bertegur sapa saat bertemu pendaki lainnya. Karena di gunung, para pendaki tentu mempunyai hobi dan tujuan yang sama, maka penting bagi kita untuk saling membantu jika mengalami kesusahan.

2. Menghormati kehidupan liar

Perubahan perilaku hewan sedikit banyak merupakan pengaruh manusia. Maka dari itu, jangan memberi makan hewan yang ditemui dan jangan membuang sampah makanan sembarangan karena bisa dikonsumsi para hewan.Kalau ada suara-suara alam, termasuk dari hewan, jangan malah berisik. Hargai dengan tidak mengeluarkan polusi suara berlebihan.

3. Biarkan apa yang dilihat dan ditemukan

Sebagai tamu, para pendaki sudah seharusnya tidak mengubah apapun yang ada di hutan atau gunung. Jangan merusak lingkungan seperti mencoret batu atau papan petunjuk, mencabut tumbuhan atau menebang pohon, dan membawa hewan pulang. Kawasan gunung sebagain besar masuk dalam kawasan konservasi, sehinnga akan dikenakan hukuman apabila ada yang melanggar.

4. Membuang limbah dengan benar

Ketahui bagaimana membuang limbah yang benar, mulai dari kotoran sendiri hingga sisa makanan. Jika ingin buang air besar, carilah tempat yang jauh dari jalur pendakian dan area untuk mendirikan tenda. Gali lubang yang cukup dalam dan jangan lupa untuk ditimbun lagi.

5. Menjunjung tinggi adat istiadat setempat

Di mana tanah dipijak, di situ langit dijunjung, Peribahasa tersebut akan terus berlaku karena setiap tenpat yang kita kunjungi mempunyai istiadat masing-masing. Oleh karenanya, kita harus mengikuti adat serta norma yang berlaku di dalam masyarakat tersebut.

Bagaimana menurutmu, Eigerian? Semoga kita sebagai pendaki dapat bijak dalam bersikap dan bertindak agar aktivitas pendakian mempunyai nilai tambah bukan hanya sekadar bisa menggapai puncak gunung, namun juga membawa perubahan bagi diri kita dan lingkungan sekitar.

*Berbagai sumber

#EigerAdventure #EigerTropicalAdventure #EigerInfo #EigerTips #EtikaMendaki #Hiking #EigerMountaineering #EngineeredForTropicalAdventure #YourTropicalDiscovery

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Tags:

Comments are closed.