MENU

January 17, 2017 Comments Off on Jeffrey Polnaja Views: 371 Education, Expedition, Inspiration, Responsibility

Jeffrey Polnaja

kjj

Siapa yang tidak mengenal sosok Kang JJ? Pria bernama lengkap Jeffrey Polnaja asal Bandung ini menjadi orang Indonesia pertama yang tercatat pada situs Wikipedia sebagai orang terjauh yang menjelajahi dunia dengan menggunakan sepeda motor seorang diri.

Kang JJ, The Wind Rider terinspirasi mengelilingi dunia setelah peristiwa serangan teror terhadap menara kembar World Trade Center (WTC), New York City, AS, pada 11 September 2001 silam. Kemudian ia memutuskan untuk berpetualang membawa misi perdamaian bertema “Ride For Peace”.

Kang JJ pertama kali menjelajahi dunia membawa nama Indonesia menggunakan sepeda motornya pada April 2006 dengan melintasi kawasan Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Eropa. Pada tahun 2012, ia sempat kembali ke Indonesia dan melanjutkan perjalanannya dari Belgia menuju Siberia, kemudian menyeberang ke Amerika menuju Alaska dan ujung selatan Amerika Selatan.

Perjalanan yang ia tempuh tentu tidak selalu berjalan mulus. Pria berusia 54 tahun ini pernah bertemu dengan tiga milisi remaja yang menodongkan senjata saat melintasi hutan di Laos. Ia pun pernah diberondong di Afghanistan, serta sempat mengalami kecelakaan akibat bertabrakan dengan truk kontainer di Khazakstan. Bahkan, motor yang ia kendarai sempat dicuri di Belanda yang kemudian mengharuskan perjalanannya terhenti sesaat. Namun, dari semua kejadian nahas itu tidak lantas membuatnya hilang semangat.

Perjalanan penjelajahan “Ride For Peace” ini seluruhnya telah menempuh jarak sejauh 420.000 km yang diselesaikan dalam waktu 2.163 hari. Terdiri dari 951 hari pada misi “Ride For Peace” yang pertama tahun 2006-2008 dan 1.212 hari pada “Ride For Peace” yang kedua di tahun 2012-2015.

Setahun berselang, Kang JJ kembali melakukan sebuah perjalanan petualangan bertajuk “Tropical Vagabond Ride” di dataran Himalaya. Perjalanan selama 10 hari ini dimulai pada 1 September 2016, lalu mengunjungi tempat-tempat seperti Khardung La di ketinggian 5.606 mdpl, dan Panggong lake yang merupakan salah satu dari ketiga danau tertinggi di dunia dengan ketinggian 4.350 mdpl. Berbeda dengan sebelumnya, pada perjalanan petualangan kali ini ia ditemani seorang partner bernama Mulyo Widodo, yang juga merupakan adventure rider dan menunggangi sepeda motor dengan kapasitas sepertiga lebih kecil dari motor yang ia gunakan pada misi “Ride For Peace” sebelumnya.

“Jangan pernah takut untuk mewujudkan mimpi dan cita-cita kita! Karena seberat apapaun kesulitan yang menghadang, tetap yakin dan berserah diri pada Yang Kuasa, yakin bahwa kita mampu melewatinya!” ~Jeffrey Polnaja.

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Tags: , ,

Comments are closed.