MENU

July 20, 2017 Comments Off on Tips berkendara Views: 154 Base Camp, Education, Expedition, Green Life, Inspiration, Responsibility

Tips berkendara

eiger-riding-tips

Salam Jelajah!

Berkendara melewati jalanan yang berkabut atau berasap tebal memang terkadang membuat kita was-was karena jarak pandang yang terbatas. Selain pada jalanan pegunungan yang umumnya berpotensi kabut, beberapa wilayah di Indonesia juga berpotensi berasap ketika musim kemarau akibat kebakaran hutan. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk Eigerian ketika berkendara dalam kondisi jalanan berkabut atau berasap tebal:

1. Perlengkapan berkendara. Selain wajib menggunakan helm, jaket, dan sarung tangan, Eigerian juga disarankan menggunakan masker sebagai atribut tambahan.

2. Rencanakan rute perjalanan. Ada baiknya Eigerian merencanakan terlebih dahulu rute perjalanan sebelum berkendara untuk mengefisiensi waktu perjalanan.

3. Gunakan lampu depan atau lampu kabut. Baik untuk kendaraan roda dua ataupun empat, wajib untuk menyalakan lampu di siang hari kala kabut menghalangi jarak pandang. Tujuannya adalah agar pengguna jalan lainnya bisa mengetahui posisi kamu lebih jelas di jalan raya.

4. Jaga jarak aman dengan kendaraan lain. Beri jeda sekitar lima detik dari kendaraan lain yang berada di depan sebagai jarak aman, karena lima detik dianggap waktu yang cukup merespon kejadian yang tidak terduga. Hindari juga gerakan tiba-tiba saat berkendara di cuaca kabut.

5. Jaga kecepatan konstan. Disarankan Eigerian tetap mempertahankan kendaraan dengan kecepatan tidak terlalu kencang dan konstan, biasanya 20-40 km/jam. Hindari menyusul kendaraan lain bila tidak diperlukan.

6. Hindari parkir di pinggir jalan saat kabut. Hal ini tampak sepele namun bisa membahayakan jika dilakukan di saat jarak pandang berkurang akibat kabut tebal. Jika harus berhenti, carilah tempat parkir yang jauh dari ruas jalan.

7. Tetap fokus. Berkendara dalam kabut butuh banyak konsentrasi. Usahakan tetap berkendara dalam satu jalur dan gunakan garis pembatas lajur sebagai petunjuk.

Di samping tips di atas, perlu Eigerian ingat kalau berkendara dalam kabut bisa jadi sangat berisiko. Jika penglihatan terasa terganggu lebih baik jangan lakukan perjalanan, terutama saat malam hari.

*Berbagai sumber
Photo by : Backyard Customs

#EigerAdventure #EigerTropicalAdventure #EigerInfo #EigerRiding #EngineeredForAdventureRiding

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Tags:

Comments are closed.