MENU

July 24, 2017 Comments Off on 8 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Panjat Tebing Views: 371 Base Camp, Education, Expedition, Green Life, Inspiration, Responsibility

8 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Panjat Tebing

eiger-tips-climbing

Memanjat tebing merupakan salah satu olahraga ekstrem yang membutuhkan bekal pengetahuan dan keterampilan dalam memanjat, terutama bagi mereka yang baru mulai mengikuti kegiatan memanjat tebing.

Salah satu yang harus diperhatikan adalah persiapan dan pengecekan. Di sini, Kang Mamay S Salim akan membagikan beberapa tips Standard Operation Procedure yang harus dilakukan sebelum pemanjatan:

1. Cek simpul-simpul yang digunakan di tubuh, pengaman, dan lainnya.
2. Cek semua perlengkapan yang menggunakan jahitan.
3. Jika menggunakan sabuk pengaman atau harness, perhatikan pengunci pada buckle.
4. Buka ikatan tali yang akan digunakan, urai dan urut dengan setengah menekan dari ujung yang satu hingga ujung yang lain.
5. Leader atau pemanjat memasang simpul delapan ujung tali pada harness.
6. Belayer atau penambat memasang alat belay.
7. Belayer melakukan pengecekan pada leader : posisi harness di atas tulang panggul dan di pangkal paha, kekencangannya cukup, buckle terpasang dengan benar, simpul delapan ujung tali terpasang dengan benar, helm terpasang dengan benar.
8. Leader melakukan pengecekan pada belaer : posisi harness di atas panggul dan di pangkal paha, kekencangannya cukup, buckle terpasang dengan benar, alat belay terpasang dengan benar, carabiner terkunci, helm terpasang dengan benar.

Jika seluruhnya sudah siap, maka pemanjatan sudah bisa dilakukan apabila mencapai kesepatan dengan para anggota lainnya. Selamat mencoba, Eigerian!

*Sumber: Mamay S Salim

#EigerAdventure #EigerTropicalAdventure #EigerTips #EigerInfo #Climbing #EngineeredForTropicalAdventure

Bagikan...Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+

Tags:

Comments are closed.